Cari Cuan Cuma Modal HP dan Layanan Data, Caranya?

Hematologia – Di era internet seperti ini, kita dituntut untuk kreatif dalam mencari rejeki. Menariknya, hanya dengan menggunakan hanya modal smartphone dan layanan data ternyata kita bisa mendapatkan rupiah lho.

Setelah ditelusuri, ternyata peran internet service provider dalam mendorong industri kreatif sangat krusial. Selama dua tahun terakhir pandemi, ruang gerak masyarakat menjadi terbatas.

Pandemi Covid-19 sudah mengubah segalanya. Para Pengangguran meningkat, perusahaan gulung tikar, ekonomi merosot. Bahkan ada momentum dimana kita hanya bekerja dan lakukan aktivitas dari rumah.

Akhirnya, sebagian dari kita ‘dipaksa’ untuk berkreasi agar ‘bertahan’ dan beradaptasi dengan keadaan. Peluang baru untuk keberuntungan dicari dan cara berbisnis dengan modal minimal telah muncul.

Dan ternyata cukup dengan mengandalkan fasilitas yang biasa kita gunakan setiap hari, kita bisa mendapatkan rejeki. Salah satunya dengan manfaatkan peran smartphone dan layanan data operator.

Jual Karpet Hanya Dengan Modal HP dan Layanan Data

Yayan Mulyana, dari Subang, Jawa Barat, adalah seorang pedagang karpet online yang membuka bisnis barunya melalui internet. Hanya dengan layanan data dan smartphone, dia dapat mendapatkan cukup banyak uang.

Ia sukses membuka peluang untuk memakai smartphone dan layanan data Smartfren. Peran internet dan fasilitas ‘medium’ ini tidak disangka menjadi berkah.

Yayan awalnya mencoba ide menjual karpet secara online dengan modal minim lewat e-commerce. Menjadi reseller pedagang karpet yang sangat besar. Saya tidak berharap untuk menjualnya dengan baik. Sedikit demi sedikit para pelanggan akan bertambah.

Dengan memakai paket data unlimited Smartfren, ia tidak perlu khawatir dengan akses internet setiap hari. Biaya yang dikeluarkan juga tentunya tidak besar.

Selanjutnya, hanya dari smartphone, ia memulai pemasaran gerilya di situs jejaring sosial. Ia mengunjungi grup Facebook terkait jual beli karpet dan menggunakannya sebagai tempat untuk memburu para pembeli. Juga menjual lewat status Whatsapp.

Bahkan ketika berjualan menggunakan Facebook, pengguna yang membutuhkan paket data dapat membeli layanan data dengan mengklik kotak “beli data” di pojok kanan aplikasi Facebook.

Bukan hanya pembelian paket data dengan pulsa, Smartfren kini telah mengaktifkan empat dompet digital terkemuka (Gopay, Dana, OVO, Shoppe) sebagai opsi pembayaran pembelian paket data lewat Facebook Mobile Center.

Dengan pilihan dompet digital, Smartfren berikan kemudahan dan keleluasaan dalam pembayaran paket data oleh pelanggan. Kemudahan yang ditawarkan Smartfren sebenarnya itu sangat membantu pengusaha seperti Yayan untuk lebih fleksibel. Waktu juga bisa digunakan secara efisien.

Dengan lebih banyak kesempatan dan waktu luang, Yayan kemudian membuat website gratis sebagai landing page atau toko online miliknya. Setelah itu, ia belajar sedikit tentang modal bisnis online dan pemasaran digital dari ‘Grandfather Google’ dan Youtube.

Dalam waktu yang sangat singkat, dengan memanfaatkan kualitas dan jangkauan internet cepat Smartfren, Yayan menguasai strategi bisnis online dan metode pemasaran karpet.

Setelah memiliki modal yang cukup, ia mulai mengiklankan kios dan produknya di Google, Facebook dan Instagram. Penjualan meningkat.
Tak peduli ia tinggal di daerah tersebut, ternyata operator jaringan seperti Smartfren tetap memberikan kualitas yang setara dengan kota-kota besar. Bukan hanya pasar lokal, Yayan berhasil meningkatkan penjualan karpetnya dalam skala ‘provinsi’.

Secara nasional, peningkatan kualitas dan jangkauan jaringan Smartfren telah mencapai 18% cukup untuk menangani lonjakan trafik internet yang diperkirakan mencapai 14-20%.

Smartfren secara konsisten tingkatkan kualitas dan jangkauan jaringan di seluruh wilayah operasionalnya Artinya, meski toko online Yayan berada di daerah terpencil, ia bisa menata dan mendistribusikan karpetnya ke berbagai daerah. Sekali lagi, cukup memakai smartphone dan layanan data.

Dari awalnya hanya reseller, kini Yayan dapat membangun gudang penyimpanan karpet sendiri. Walaupun masih kecil tapi setidaknya dia bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Di sisi lain, ia kini bisa menjalankan bisnis karpet online dan offline sekaligus.

Ya, cuma dengan ide kreatif, smartphone dan layanan data Smartfren, Yayan berhasil membuka peluang baru dan menghasilkan uang. Hal ini sudah membuktikan bahwa peran operator telekomunikasi dalam mendorong industri kreatif cukup krusial.

Yayan hanyalah contoh kecil, dan tentunya masih banyak lagi orang sukses di luar sana yang menggunakan cara yang sama. Jika kita kreatif, sebenarnya kita bisa mendapatkan uang dengan modal yang minim.

Baca Juga : 10 Cara Kekinian Dapatkan Uang dari Internet, Coba Ini!!