cara main sudoku

Cara Main Sudoku, Beserta Aturannya!!

Sudoku seperti permainan lainnya, karena memiliki strategi dan aturan untuk dimainkan. Permainan sudoku ini dapat dimainkan oleh orang dewasa maupun anak kecil bisa menikmati mainan ini jika tahu cara main sudoku dengan benar.

Berikut cara main sudoku dengan benar:

1. Gunakan Angka 1-9

Umumnya sudoku dimainkan pada grid 9 x 9. Pada baris dan kolom terdapat 9 kotak yaitu 3×3.
Setiap baris, kolom, dan kotak harus diisi dengan angka 1-9, tanpa mengulang angka pada baris, kolom, atau kotak tersebut.
Setiap kotak sudoku dilengkapi dengan beberapa ruang yang terisi, semakin banyak ruang yang terisi, semakin mudah permainannya dan semakin sulit teka-teki sudoku, semakin sedikit ruang yang sudah terisi.

2. Lebih baik tidak mengulang angka

Cara bermain sudoku selanjutnya adalah dengan tidak mengulang angka yang sudah ditulis.
Jika kotak kiri atas diisi 7 dari 9 tempat. Didalam kotak angka yang pasti hilang adalah angka 6 dan 5.
Untuk melihat nomor mana yang hilang dalam setiap kotak, baris, atau kolom, anda bisa memakai proses eliminasi dan penalaran deduktif untuk memutuskan nomor mana yang akan dimasukkan dalam setiap ruang kosong.

Misalnya, di kotak kiri atas, Anda tahu bahwa kita perlu menambahkan 5 dan 6 untuk melengkapi bujur sangkar, tetapi berdasarkan baris dan bujur sangkar yang berdekatan, kita tidak dapat dengan jelas menyimpulkan angka mana yang akan ditambahkan di ruang mana.
Ini berarti bahwa kita harus mengabaikan kotak kiri atas untuk saat ini, dan mencoba mengisi ruang di beberapa area lain sebagai gantinya.

3. Jangan Menebak

Sudoku adalah permainan logika dan penalaran, jadi Anda tidak perlu menebak-nebak.
Jika Anda tidak tahu nomor apa yang harus dimasukkan ke dalam ruang tertentu, teruslah memindai area lain sampai Anda melihat kesempatan untuk menempatkan nomor.
Namun, jangan mencoba memasukkan angka dengan paksa. Permainan sudoku membutuhkan kesabaran, wawasan, dan pengenalan pola, bukan keberuntungan atau tebakan acak.

4.Memakai Cara Eliminasi

Cara main sudoku mudah untuk mengetahui nomor pada setiap ruang adalah dengan menggunakan “proses eliminasi” dengan memeriksa untuk melihat nomor lain apa yang masuk ke setiap kotak.  Ini karena tidak ada penggandaan angka 1-9 di setiap kotak.

Aturan Sudoku relatif tidak rumit, tetapi cara main sudoku sangat bervariasi, dengan jutaan kemungkinan kombinasi angka dan tingkat kesulitan yang bervariasi.
Namun, semuanya didasarkan pada prinsip sederhana menggunakan angka 1-9, mengisi titik-titik berdasarkan penalaran deduktif, dan tidak pernah mengulangi angka di setiap kotak, baris, atau kolom.

Baca Juga : 5 Jenis Main Sudoku Yang Harus Dicoba!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *