cari uang tambahan

Cara Cari Uang Tambahan di Internet, Seperti Apa?

Cari Uang Tambahan – Mempunyai penghasilan tetap adalah hal yang sangat baik. Namun, jika ada cara dan peluang untuk menghasilkan uang tambahan, apa salahnya mencoba. Mengingat perkembangan internet saat ini, cari uang tambahan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Ya, internet saat ini tidak hanya sebagai sumber informasi dan alat komunikasi, tetapi juga sebagai media bisnis. Melalui internet, Anda dapat menemukan cara untuk menghasilkan uang tambahan dengan metode yang tidak terlalu sulit.

Besaran pendapatan yang didapat melalui internet sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Itu semua tergantung pada jenis bisnis yang Anda pilih.

Tidak perlu bingung bagaimana caranya, karena sekarang ini sudah banyak sekali tutorial mencari uang tambahan lewat internet. Dengan cara apa? Berikut ulasannya.

Cara Cari Uang Tambahan secara online

Cari uang tambahan melalui internet bisa dikatakan sulit dan mudah. Hal pertama yang penting dilakukan adalah kemauan untuk mencari tahu dan mempelajari hal-hal baru. Sedangkan keuntungan menghasilkan uang tambahan melalui internet antara lain waktu yang fleksibel dan modal yang minim.

1. Toko online

Cara pertama untuk menghasilkan uang tambahan melalui internet adalah dengan membuka toko online. Anda yang ingin menghasilkan uang tambahan, jangan ragu untuk membuka toko online. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi biaya sewa dan operasional.

Ada banyak lini bisnis yang bisa dijalankan secara online, mulai dari berjualan pakaian, makanan, peralatan rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari, hingga kendaraan.

Untuk berjualan lewat toko online, ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Kamu dapat menggunakan media sosial, marketplace, atau website. Cara termudah adalah melalui media sosial dan pasar.

Sedangkan untuk website, Anda harus terlebih dahulu membuat situs dengan domain Anda sendiri. Untuk membuat domain ada yang bisa didapatkan secara gratis atau berbayar.

Tidak hanya itu, mencari uang tambahan melalui toko online juga bisa dibagi menjadi dua cara, yaitu reseller dan dropshippers. Kedua cara ini cocok untuk Anda yang memiliki modal minim namun ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Dengan menjadi reseller, Anda bisa mendapatkan barang dalam jumlah banyak dengan harga lebih murah untuk kemudian dijual kembali melalui toko online. Sedangkan dengan menjadi dropshipper Kamu hanya perlu menjual barang dari produsen.

Namun dalam sistem ini, Anda tidak perlu mengirimkan barang ke konsumen. Produsen atau dalam hal ini pemasok akan mengirimkan barang langsung ke konsumen.

Nah, terserah Anda untuk memutuskan mekanisme mana yang ingin Anda lalui. Membuka toko online tentunya merupakan cara untuk menghasilkan uang tambahan yang layak untuk dipertimbangkan.

2. Pekerja lepas

Cara mencari uang tambahan lewat internet selanjutnya adalah menjadi freelancer atau pekerja lepas. Jangan khawatir jika Anda merasa tidak memiliki keterampilan trading. Melalui internet, Anda juga bisa menyalurkan bakat atau kemampuan Anda ke pundi-pundi rupiah, yaitu dengan menjadi seorang freelancer.

Banyak layanan dapat dijual melalui internet. Jika Anda memiliki keterampilan desain grafis dan pengeditan, Anda dapat menawarkan keterampilan Anda melalui media sosial. Begitu juga jika Anda memiliki kemampuan menulis iklan atau copywriting. Sama halnya jika Anda memiliki kemampuan web hosting dan web developer.

Keuntungan lain menjadi freelancer adalah Anda memiliki waktu yang fleksibel dan dapat bekerja di mana saja hanya dengan komputer/laptop dan koneksi internet. Selain itu, Anda juga dapat menentukan tarif pembayaran untuk layanan Anda.

3. Youtube

Saat ini salah satu platform digital yang paling populer adalah YouTube. Selain itu, situs berbagi video dari Amerika Serikat ini dapat digunakan untuk mendapatkan uang tambahan. Kunci untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube adalah konsistensi. Pundi-pundi uang yang bisa didapatkan dari YouTube cukup potensial.

Cara menghasilkan uang tambahan melalui YouTube cukup sederhana. Yang pertama tentunya anda harus memiliki akun youtube kemudian mengupload video yang anda buat. Sebisa mungkin video yang Anda buat dikemas secara kreatif dan menarik sehingga dapat menarik banyak penonton. Buat kamu yang suka edit video, cara cari uang tambahan lewat youtube ini cocok.

Meski begitu, menghasilkan uang tambahan melalui YouTube juga harus dibarengi dengan konsistensi. Anda harus membuat jadwal yang tepat untuk mengunggah video. Uang yang diperoleh dari YouTube berdasarkan adsense atau iklan yang disematkan di video yang Anda unggah.

Untuk bisa mendapatkan Adsense, ada syarat jumlah followers di akun kamu dan viewer di video yang kamu upload. Semakin banyak pemirsa dan pengikut di akun Anda, semakin banyak potensi uang yang dapat Anda peroleh melalui YouTube.

4. Influencer sosial

Menjadi influencer sosial adalah cara untuk menghasilkan uang tambahan melalui internet Berikutnya. Perlu diketahui, media sosial mempunyai jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Melalui media sosial, banyak produsen mengiklankan produknya. Di situlah peluang untuk menghasilkan uang tambahan lahir.

Untuk menjadi seorang influencer, hal pertama yang perlu dilakukan ialah membentuk citra diri atau personal branding. Dimulai dengan mengunggah hal atau konten di akun media sosial Anda yang bisa menarik followers. Jumlah followers yang banyak membuat produsen tertarik untuk mengiklankan produknya melalui influencer tersebut. Ini biasanya disebut endorsement.

Jumlah uang yang didapat dari menjadi seorang influencer tidak bisa dianggap remeh. Banyak produsen atau perusahaan yang rela membayar influencer puluhan sampai ratusan juta hanya untuk satu kali unggahan di media sosial. Namun, tarif seperti itu biasanya dikenakan pada influencer yang sudah memiliki jutaan pengikut di media sosial.

Meski begitu, sebagai langkah awal, Anda juga bisa belajar menjadi influencer untuk mendapatkan uang tambahan. Setidaknya untuk menjadi seorang influencer Anda harus memperhatikan beberapa hal, antara lain:

  • Tentukan jenis konten apa yang akan Kamu unggah di media sosial. Bisa berupa konten tentang fashion, olahraga, atau hiburan.
  • Unggah secara konsisten dan berikan informasi yang relevan dengan jenis konten yang Anda pilih sebelumnya.
  • Berinteraksi dengan penonton
  • Bangun reputasi online yang sangat baik

Dengan empat poin ini, langkah Anda menjadi social influencer akan semakin terbuka.

Itulah beberapa cara cari uang tambahan melalui internet. Cara mana yang Anda pilih, Anda yang memutuskan. Pada prinsipnya, mencari uang tambahan merupakan salah satu bentuk investasi untuk mempersiapkan masa depan.

Tidak hanya sekedar mencari uang tambahan, investasi juga perlu dilakukan dalam bentuk tabungan. Jika Anda bingung dengan investasi tabungan Anda, tidak ada salahnya memilih CIMB Niaga.

Di CIMB Niaga, ada banyak program investasi tabungan yang bisa Anda pilih. Mulai dari tabungan dan perencanaan anak, deposito, dan transaksi. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang Anda dapatkan melalui produk tabungan di CIMB Niaga.

Untuk informasi lebih lanjut tentang tabungan di CIMB Niaga, klik di sini.

Baca Juga : Aplikasi Penghasil Uang 2021 Cuma Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *